Halo semua aku baru aja lese nginstal lab di kampus, tapi ngistallnya lewat network, ya nambah ilmu lagi, hehehehehehehe

to the point aja ya……..

pertama yang harus dilakukan adalah siapkan flash disk, gak usah yang terlalu besar cukup 128mb aja. setelah itu ikuti perintah di bawah ini.

1. wget http://archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/ … oot.img.gz
2. ketik zcat boot.img.gz > /dev/sdxxx
NB: sdxxx= tempat flash disk

cara mengetahui tempat flash disk, bisa dilakukan dengan cara fdisk -l
sesuaikan tempat flash disknya dengan yang ada pada komputer anda.
nah setelah selesai maka nama flash disknya akan berubah menjadi install ubuntu klo gak salah hehehehehe D

setelah itu tinggal booting deh……bisa kan booting melalui USB?????
Nah setelah ini ..aku inget nih..temen2 semua tinggal siapin satu server sebagai tempat kita naruh source untuk nginstall lewat network yang dibantu melalui usb boot ini. Nah trus di komputer server siapkan apache webserver kalo belum ada tinggal diinstal,, caranya :
– sudo apt-get install apache2
Lagi-lagi ini musti kita siapin dulu repositorynya , sebaiknya kita gunakan repository dari server universitas kita yang tercinta..yaitu mirror.unud , caranya :
– buka source list untuk repository
sudo vim /etc/apt/sources.list
trus sebaiknya hapus aja semua isinya,, tinggal teken huruh D yang lama di keyboard trus kita isiin :
deb http://mirror.unud.ac.id/ubuntu hardy main universe multiverse restricted

nah trus di save dan kita update database repository dengan cara :
sudo apt-get update

nah selanjutnya setelah selesai proses instalasi web server , langkah selanjutnya kita donlot iso ubuntu hardy , lagi-lagi sebaiknya donlot dari server kita tercinta di http://spawn.ilkom.unud.ac.id

setelah selesai donlot kita buatkan sebuah folder di var/www , caranya
-sudo mkdir /var/www/ubuntu

nah trus kita mount isi iso ke folder ubuntu tadi caranya :

sudo mount /direktory_iso /var/www/ubuntu/ -o loop

nah selesai dah, ntar pas proses instalasi tinggal kita arahkan ke ip server yang kita barusan buat tadi.

Oh ya yang sangat penting dan perlu diingat adalah image untuk flash disk sangat tergantung dari versi ubuntu yang ingin kita install jadi kalo kita mau install jadi kalo kita mau install versi hardy ya kita musti pake image versi hardy .

ok setelah itu tinggal lakuin aja sesuai nginstall biasa……..ok

selamat mencoba