HALO………waktu ni gw dapet masalh dengan laptop gw, laptop gw serinya LENOVO G400 dengan chipset wifi Broadcom…..

nah setelah gw install ubuntu di laptop gw semuanya keliahatan lancar2 saja pada saat pertama kali gw gunakan, dari VGA, Sound, sudah rebes alias sudah bisa berfungsi dengan baik tanpa harus ngistall driver.

tapi pada saat gw bawa laptop gw ke kampus dengan tujuan untuk ngenet gratis dengan wifi, ternyata baru gw cek2 sinyal wifi kampus tidak terditeksi satupun, nah disnalah gw mulai bingung dan sedikit prustasi dengan ubuntu, yang sebelumnya lancar2 aja tiba2 gak bisa di pake internetan………duhhh bener2 kesel banget. saking keselnya gw putusin untuk minjem laptop temen unutk nyari info tenttang masalah laptop gw dan untungnya lagi temen gw minjemin laptopnya dia…….dan akhirnya pencarianq dimulai sampai aku menemukan cara untuk mengatasi masalah laptop gw. okdeh segitu aja ceritnya kita langsung aja ke cara menginstallnya.

yang harus anda siapka adalah

  1. Koneksi Internet atau DVD repo UBUNTU
  2. setelah no.1 siap lo tinggal masuk ke Synaptic | system -> administration -> synaptic
  3. lo tinggal cari di synaptic progam yang namanya “ndiswrapper”
  4. screenshot-synaptic-package-manager.png
  5. setelah kliatan seperti di gambar lo tinggal apply
  6. masuk ke terminal dan ketik $ ndiswrapper -i  nam_driver.inf
  7. pastikan drivernya sudah anda miliki dengan extension .inf

Setelah anda melakuan step diatas, tinggal reboot komputer anda dan lihat hasilnya………..\

ok semoga bermanfaat