Ubuntu 8.04 menawarkan sebuah fitu baru yang bernama WUBI atau Windows Ubuntu Installer. Fitur ini sangat berguna sekali untuk para pengguna Windows yang ingin mencoba Ubuntu tanpa perlu membuat partisi baru. Jika anda sudah bosan, anda juga bisa menguninstallnya tanpa masalah.

Bagaimana cara melakukan hal ini, silahkan ikuti artikel ini.

INSTALLASI

Pertama – tama, anda memerlukan CD Installer Ubuntu 8.04 versi Desktop. Anda bisa mendapatkannya dari Website http://www.ubuntu.com dengan cara mendownloadnya dan membakarnya ke CD kosong, atau jika koneksi internet tidak memadai, anda bisa meminta CD gratis tanpa biaya pada website https://shipit.ubuntu.com.

Jika CD sudah siap, sekarang masukkan CD tersebut pada sistem Windows anda.

Layar Autorun akan muncul, disana terdapat tiga pilihan yaitu Demo and Full Installation, Install inside Windows, dan Learn More. Pilih pilihan kedua, dan anda akan melihat Window Ubuntu Setup.

Disana, anda akan diberi pilihan sbb :

Installation Drive, pilih Drive Windows yang akan digunakan untuk installasi Ubuntu, paling tidak memiliki Free Space 4GB. Tak usah takut, drive yang anda masukkan tidak akan dihapus. Ubuntu setup hanya akan membuat file image yang menggantikan partisi baru untuk Ubuntu anda.

Installation Size, pilih ukuran baru dari file image yang anda buat, ini tergantung dari kebutuhan anda. Namun minimal yang bisa anda masukkan adalah 4GB.

Desktop Environment, pilih versi dari Ubuntu yang anda gunakan. Jika anda memasukkan CD Ubuntu, anda harus memilih Ubuntu. Atau jika memilih yang lain, anda harus memiliki CD dari versi Ubuntu yang anda pilih.

Language, pilih bahasa yang akan digunakan dalam desktop Ubuntu.

Username, ketik username untuk login pada Ubuntu anda.

Password, ketik dua kali password untuk username baru anda di Ubuntu nanti.
Image

Setelah semua sip, anda bisa memilih Install.

Silahkan tunggu, Ubuntu akan diinstall ke komputer anda. Ini akan memakan waktu. Silahkan ambil kembali cangkir teh atau kopi anda.

Jika muncul layar bahwa installasi Ubuntu telah selesai, anda bisa memilih Reboot Now untuk melihat hasil installasi.

Komputer akan melakukan reboot, sebelum tampil boot screen dari Windows, anda akan melihat dua pilihan menu, yaitu MS. Windows Xp dan Ubuntu. Jika anda ingin memilih Ubuntu, anda dapat memilih Ubuntu, atau jika tidak, silahkan pilih Windows.

Jika anda memilih Ubuntu, dan Ubuntu berhasil terinstall. Maka selamat!, anda sudah berhasil menginstall Ubuntu anda.

CARA UNINSTALL :

Untuk menguninstall Ubuntu yang anda install dari Wubi, anda cukup menguinstall Wubi dari Add/Remove Program pada Windows. Mudah khan?? SELAMAT MENCOBA